10 Tips Menata Ruangan Rumah Supaya Terlihat Indah

10 Tips Menata Ruangan Rumah Supaya Terlihat Indah

10 Tips Menata Ruangan Rumah Supaya Terlihat Indah

admin_safiragrup
March 22, 2021
Blog

Memiliki ruangan yang sempit bisa menjadi tantangan tersendiri dalam hal desain dan penataan. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menata ruangan yang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman.

Penataan ruangan memang memiliki dampak yang cukup besar bagi kenyamanan rumah, karena tampilan yang indah tentunya akan membuat betah penghuni rumah. Bayangkan apabila kamu tidak mempertimbangkan warna serta peletakannya, bisa-bisa semua terlihat serba berantakan, bukan?

Dalam meminimalisir penataan yang tidak beraturan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips menata ruangan rumah di bawah ini.

Mengenal Konsep Desain Ruangan

Sebelum kita mulai menata ruangan, ada baiknya kita mengenal beberapa konsep dasar dalam desain ruangan, seperti penggunaan warna, pemilihan furnitur, dan pencahayaan.

  • Penggunaan Warna

Warna mempengaruhi persepsi kita terhadap ruang. Warna-warna terang seperti putih, krem, dan biru muda bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Sebaliknya, warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, dan merah tua akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Penerapan warna kontras memberikan kesan dinamis dan fresh.

  • Pemilihan Furnitur

Furnitur yang tepat sangat penting dalam menata ruangan sempit. Pilihlah furnitur dengan ukuran yang proporsional, tidak terlalu besar atau kecil. Jangan takut untuk memilih furnitur yang multifungsi, seperti sofa bed atau meja lipat. Rak buku, misalnya, pilih aja yang rendah. Kalau kamu pilih yang tinggi, akan menutup ruangan.

  • Pencahayaan

Pencahayaan yang baik bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Pastikan ruangan memiliki cukup pencahayaan alami dan buatan. Gunakan lampu yang dapat diatur intensitas cahayanya agar Anda bisa mengatur suasana ruangan sesuai kebutuhan.

Teknik Menata Ruangan

Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda coba dalam menata ruangan sempit:

Memanfaatkan Ruang Vertikal

Dalam ruangan sempit, Anda harus memanfaatkan setiap inci ruang yang ada, termasuk ruang vertikal. Pasang rak atau lemari dinding untuk menyimpan barang, dan gunakan gantunganuntuk menggantung benda-benda seperti sepatu, tas, dan aksesori.

Menggabungkan Fungsi Ruangan

Dalam ruangan sempit, Anda mungkin perlu menggabungkan beberapa fungsi ruangan dalam satu area. Misalnya, Anda bisa membuat ruang kerja di sudut ruang tamu atau menggabungkan dapur dan ruang makan.

Mengatur Sirkulasi Udara

Ruangan sempit yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik akan terasa pengap dan tidak nyaman. Pastikan jendela dan pintu dapat terbuka lebar untuk memudahkan aliran udara. Jangan lupa untuk menyediakan ventilasi yang cukup di kamar mandi dan dapur.

Sofa tanpa sandaran tangan

Sofa tanpa sandaran tangan bikin ruang terasa lebih terbuka. Pastikan juga kamu gak meletakkan banyak furnitur karena akan mengacaukan ruang tamu mungilmu dan membuatnya terlihat penuh.

Letakkan tempat tidur di tengah ruangan

Tempat tidur gak harus mepet ke dinding sebagaimana sering kita lihat pada ruang tidur rumah mungil. Justru di kamar tidur yang tak luas, ranjang sebaiknya ditempatkan di tengah ruangan, sehingga memberikan kesan lapang dan nyaman.

Buat zona sebagai pembeda antar-ruang

kamu bisa menerapkan zona pembeda yang memisahkan antar ruang. Misalnya, membagi ruang tamu dengan memberikan warna cat atau wallpaper yang berbeda dengan ruang di sebelahnya.

Gantungkan tirai mulai dari langit-langit

Garis vertikal memberikan kesan tinggi dan lapang. Nah, maka gantungkan tirai sedekat mungkin dengan langit-langit ruangan.

Tempatkan rak terbuka untuk dapur

Coba pilih rak yang terbuka, sehingga memperlihatkan tumpukan piring.

Pilih meja berbentuk oval

Kamu pilih meja dengan bentuk oval yang memiliki sudut melengkung untuk rumah mungil, sehingga penghuni rumah bisa leluasa lalu-lalang.

Buat pola bergaris di penutup lantai

Kamu bisa memainkan pola atau motif penutup lantai. Seperti pola bergaris yang akan memberikan kesan luas pada ruangan.

Pilih pintu maupun lemari berbahan kaca untuk rumah mungil

Hal ini akan membuat kesan pandangan jadi lebih luas dan menambah pantulan cahaya ke dalam rumah sehingga ruangan tambah terang.

Beberapa tips di atas bisa kamu pertimbangkan saat melakukan penataan ruangan maupun pemilihan furnitur yang tepat untuk ruangan yang ingin kamu ubah tampilannya. Semoga tips ini bermanfaat ya! Jangan lupa jika kamu mau membeli perumahan di solo hubungi kami!

Cara Mengoptimalkan Ruang Penyimpanan

Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan di ruangan sempit:

  • Menyusun Barang Secara Vertikal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menyusun barang secara vertikal adalah cara yang efektif untuk menghemat ruang. Gunakan rak, lemari, atau kotak penyimpanan yang bisa ditumpuk untuk menyimpan barang secara rapi.

  • Menyembunyikan Barang

Cara lain untuk menghemat ruang adalah dengan menyembunyikan barang yang tidak terpakai. Anda bisa memasukkan barang-barang tersebut ke dalam kotak penyimpanan atau menyimpannya di bawah tempat tidur atau sofa.

  • Memanfaatkan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi, seperti tempat tidur dengan laci penyimpanan atau meja lipat, sangat cocok untuk ruangan sempit. Selain menghemat ruang, furnitur ini juga bisa memudahkan Anda dalam mengorganisir barang.

Tips Dekorasi untuk Ruangan Sempit

Berikut adalah beberapa tips dekorasi yang bisa Anda terapkan untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dan menarik:

  • Menggunakan Cermin

Cermin bisa menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Pasang cermin di dinding atau lemari untuk memberikan kesan ruangan yang lebih lega.

  • Memilih Dekorasi Dinding

Dekorasi dinding yang tepat bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik tanpa mengurangi ruang. Pilihlah dekorasi yang simpel dan tidak terlalu besar, seperti lukisan atau poster.

  • Menambahkan Tanaman

Tanaman bisa memberikan kesan segar dan nyaman pada ruangan sempit. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat, seperti tanaman hias dalam pot kecil atau tanaman gantung.

Kesalahan Umum dalam Menata Ruangan Sempit

Beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menata ruangan sempit adalah menggunakan furnitur yang terlalu besar, tidak memperhatikan sirkulasi udara, dan menumpuk barang secara sembarangan. Hindari kesalahan-kesalahan ini untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan fungsional.

Menata ruangan yang sempit memang memerlukan kreativitas dan strategi yang tepat. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda bisa menciptakan ruangan yang terlihat lebih luas, nyaman, dan menarik. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan penggunaan warna, pemilihan furnitur, pencahayaan, dan teknik penataan ruangan yang efektif. Jangan lupa untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan dan menambahkan elemen dekorasi yang sesuai.

FAQ

Apakah warna cat dinding mempengaruhi luas ruangan?
Ya, warna cat dinding mempengaruhi persepsi kita terhadap luas ruangan. Warna-warna terang seperti putih, krem, dan biru muda bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, sedangkan warna-warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Bagaimana cara memilih furnitur yang tepat untuk ruangan sempit?
Pilih furnitur dengan ukuran yang proporsional, tidak terlalu besar atau kecil. Pertimbangkan juga furnitur multifungsi, seperti sofa bed atau meja lipat, yang bisa menghemat ruang.

Apa manfaat menggunakan cermin dalam ruangan sempit?
Cermin bisa menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan terang. Pasang cermin di dinding atau lemari untuk memberikan kesan ruangan yang lebih lega.

Bagaimana cara menggabungkan fungsi ruangan dalam ruangan sempit?
Anda bisa menggabungkan beberapa fungsi ruangan dalam satu area, seperti membuat ruang kerja di sudut ruang tamu atau menggabungkan dapur dan ruang makan. Pastikan untuk tetap mempertahankan fungsi dan kenyamanan masing-masing ruangan.

Apakah tanaman hias cocok untuk ruangan sempit?
Tanaman hias cocok untuk ruangan sempit, asalkan Anda memilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak memerlukan ruang yang luas. Tanaman dalam pot kecil atau tanaman gantung bisa menjadi pilihan yang baik.

ARTIKEL LAINNYA

                   Mau Beli Rumah di Solo Lewat Internet? Inilah 5 Tips Aman untuk Anda
ADMIN
22 March 2021
                   6 Surat Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah
ADMIN
22 March 2021
                   10 Jurusan Favorit di Universitas Sebelas Maret (UNS)
ADMIN
18 September 2023
Info Lebih Lanjut, Klik

Dapatkan Penawaran Khusus dari Safira

Isi formulir berikut untuk mendapatkan penawaran khusus dari Safira Grup

 
Contact Form
Optimized with PageSpeed Ninja