7 Tips Penting Saat Membeli Rumah Pertamamu | Safira Grup %

7 Tips Penting Saat Membeli Rumah Pertamamu

7 Tips Penting Saat Membeli Rumah Pertamamu

admin_safiragrup
July 26, 2023
Blog

Semua orang pastinya punya keinginan untuk memiliki rumah impiannya. Mungkin hanya sekadar untuk tempat berteduh ataupun sebagai asset investasi. Namun, kalo kamu baru pertama kali membeli rumah ada baiknya memperhatikan beberapa aspek agar kedepannya tidak ada penyesalan setelah memilih hunianmu.

Berikut Safira berikan 7 tips membeli rumah pertama yang harus kamu perhatikan saat mencari hunian idamanmu. Baca sampai selesai ya.

 

  1. Cek Kondisi Finansialmu

Tips membeli rumah pertama yang paling penting kamu perhatikan ialah cek selalu kondisi finansialmu. Pilih rumah yang sesuai dengan budget dan kondisi keuanganmu. Jangan sampai kamu kesusahan di tengah jalan dalam proses beli rumah karena budgetmu yang kurang.

Perhatikan juga biaya tambahan ketika kamu membeli rumah, pastikan semua itu masuk di budgetmu ya. Biaya tersebut antara lain biaya cek sertifikat, ajb, balik nama, PNBP, BPHTB, jasa notaris dan biaya KPR kalo kamu memilih untuk membeli rumah dengan cara kredit.

Khusus untuk kamu yang memilih membeli rumah dengan cara KPR, pastikan juga riwayat kreditmu baik sehingga lolos pendanaan bank. Kamu bisa melihat kualitas kreditmu di SLIK OJK.

 

  1. Perhatikan Lokasi Sebelum Membeli Rumah

Banyak yang menyesal setelah membeli rumah karena lokasi huniannya jauh dari kantor dan fasilitas umum lainnya. Ada juga yang menyesal karena lingkungan rumahnya tidak sesuai dengan harapan misalnya lokasi perumahannya dekat dengan tempat pembuangan sampah, pabrik atau berada di kawasan rawan banjir.

Sangat disayangkan misal hal ini terjadi karena kamu sudah mengeluarkan banyak uangmu untuk memiliki rumah tersebut. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk membeli, cek lokasi rumahmu dulu ya. Perhitungkan jarak antara rumah dengan tempat kerjamu. Lihat lingkungan sekitar apakah ada aspek yang dapat mengurangi kenyamananmu. Pastikan juga bahwa lokasi rumah pilihanmu bukan berada di kawasan rawan banjir.

Zahra Townhouse by Safira, Perumahan Strategis di Tengah Kota Solo

  1. Simak Pasar Properti

Biasanya setiap daerah memiliki harga properti yang berbeda. Bahkan di dalam satu kota pun ada perbedaan harga di wilayah tertentu. Kamu harus lihat tren harga properti di tempat yang ingin kamu miliki. Perhatikan harga properti beberapa bulan terakhir di daerah tersebut apakah mengalami kenaikan yang signifikan atau cenderung stagnan.

 

  1. Jangan Lupakan Dana Darurat

Kita tidak pernah tau hal apa yang akan terjadi kedepannya di kehidupan kita. So, dana darurat itu penting banget buat kamu jaga untuk mengatasi kondisi yang tidak diinginkan. Jangan sampai kamu bingung ketika ada hal darurat yang membutuhkan nominal tidak sedikit tapi uangmu habis karena dipakai untuk membeli rumah.

Teruntuk kamu yang membeli rumah dengan cara KPR pun harus tetap menyisihkan sebagian penghasilanmu perbulannya untuk dana darurat. Jangan sampai penghasilanmu perbulan habis hanya untuk cicilan KPR dan gaya hidupmu tanpa memikirkan dana darurat.

 

  1. Konsultasikan Dengan Professional

Sebelum kamu melangkah untuk membeli rumah pertamamu, ada baiknya konsultasikan hal tersebut ke profesional atau orang yang kamu anggap mengerti tentang hal properti. Jika kamu memilih untuk membeli rumah di perumahan, cek kredibelitas dari developernya terlebih dahulu. Lihat riwayat pembangunan developer tersebut apakah ada proyek macet atau tidak. Agar kamu tidak tertipu oleh developer perumahan yang tidak bertanggung jawab.

 

  1. Periksa dengan Cermat dan Ajukan Pertanyaan

Jika kamu sudah menentukan rumah yang ingin dibeli, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada pemilik rumah sebelumnya atau marketing dari developer. Periksa dengan cermat kondisi rumah yang akan kamu beli, mulai dari struktur bangunan dan aspek lainnya. Apabila rumah yang kamu beli masih tahap pembangunan, jangan ragu untuk bertanya material yang dipakai oleh pihak developer.

Tanyakan juga tentang keamanan yang ada di rumah tersebut. Apakah ada keamanan 24 jam yang menjamin kenyamananmu selama tinggal di rumah.

 

  1. Pertimbangkan Aspek Investasi

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan ialah aspek investasi dari rumah yang kamu beli. Apakah rumah tersebut bisa menjadi asset bertumbuh yang menguntungkan di kemudian hari ataukah hanya menjadi liabilitas yang membebani setiap bulannya. Tinjau potensi nilai properti tersebut di masa depan.

Baca Juga : Faktor Penentu Harga Properti

 

Nah itu dia 7 tips penting yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah pertamamu. Ingat ya, persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah. Jangan sampai, rumah yang harusnya menjadi awal dari cerita indahmu bersama keluarga menjadi sebuah masalah baru karena perhitunganmu yang kurang matang.

ARTIKEL LAINNYA

                   Daftar Perumahan Baru di Solo dan Panduan Mencari Hunian Baru untuk Keluarga
ADMIN
12 January 2023
                   Zahra Townhouse, Perumahan yang Hanya 1 Menit dari Keraton Solo
ADMIN
9 September 2023
                   Ingin Investasi di Properti? Simak Faktor Penentu Harga Properti Ini!
ADMIN
22 March 2021
Info Lebih Lanjut, Klik

Dapatkan Penawaran Khusus dari Safira

Isi formulir berikut untuk mendapatkan penawaran khusus dari Safira Grup

 
Contact Form
Optimized with PageSpeed Ninja