Ingin Investasi di Properti? Simak Faktor Penentu Harga Properti Ini!

Ingin Investasi di Properti? Simak Faktor Penentu Harga Properti Ini!

Ingin Investasi di Properti? Simak Faktor Penentu Harga Properti Ini!

admin_safiragrup
March 22, 2021
Blog

Berencana untuk berinvestasi di sektor properti baik rumah, apartemen, ruko dan lainnya? Jika iya ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah menentukan nilai jual properti.

Penentuan harga ini sangat penting, karena jika salah menentukan nilai jual, bisa-bisa nanti properti yang Anda jual tidak laku di pasaran. Alasannya, harga properti Anda tidak sesuai dengan beberapa kondisi di lapangan.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk menjual maupun membeli properti, berikut ini adalah tips menentukan nilai jual properti.

1. Lokasi

Lokasi, menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan nilai jual properti.Tempat yang cukup strategis misalnya di tengah-tengah kota akan sangat berbeda harganya jika dibandingkan di kawasan perkampungan. Kawasan perumahan yang elite tentu akan sangat jauh berbeda harganya, jika di banding dengan kawasan pemukiman biasa.

Properti yang berada di lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah, kantor, pasar, dan transportasi umum, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang berada di lokasi yang jauh dari fasilitas umum.

2. Fasilitas

Properti yang memiliki fasilitas seperti lebar jalan, taman bermain, kolam renang, lapangan tenis, atau klub kebugaran, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

Karena fasilitas dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup bagi penghuninya. Fasilitas lain yang dapat meningkatkan harga properti adalah fasilitas keamanan seperti pagar, cctv, pengawas keamanan dan sistem keamanan yang baik.

3. Ukuran

Semakin besar ukuran suatu properti, semakin banyak ruang yang tersedia dan ini dapat meningkatkan nilai dari properti tersebut.

Selain itu, properti dengan ukuran yang lebih besar juga dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal penataan ruangan. Ini bisa membuat properti tersebut lebih nyaman dan menarik bagi calon pembeli atau penyewa.

Ukuran yang besar juga bisa menambah privasi, kenyamanan, perasaan aman dan juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti pembuatan taman, ruang bermain, ruang kerja, dll.

Namun, perlu diingat bahwa ukuran bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi harga properti. Berbagai faktor lain juga harus dipertimbangkan dalam menentukan harga suatu properti.

4. Kondisi

Faktor yang kedua yang dapat mempengaruhi harga properti adalah kondisi bangunan properti tersebut. Jika kita ingin membeli rumah tentunya rumah yang bagus akan bernilai lebih mahal jika dibandingkan dengan kondisi rumah yang biasa-biasa saja atau mungkin sudah usang rumahnya.

Kondisi properti bakal menentukan seberapa banyak pemeliharaan atau perbaikan yang diperlukan untuk properti tersebut. Properti yang baru atau yang telah di renovasi cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang sudah usang atau yang memerlukan perbaikan yang signifikan.

5. Tingkat permintaan

Properti yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang kurang diminati.

Selain itu, jika permintaan untuk suatu jenis properti tertentu cukup tinggi, itu dapat menyebabkan harga pasar untuk properti tersebut meningkat dan ini dapat membuat pemilik properti lebih cenderung untuk menaikkan harga.

Permintaan yang tinggi dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti lokasi yang strategis, fasilitas yang baik, atau kondisi ekonomi yang kuat.

Namun, seperti halnya dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi harga properti, permintaan juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti fluktuasi ekonomi dan perubahan dalam regulasi, yang dapat mempengaruhi harga properti dari waktu ke waktu.

6. Legalitas

Properti yang memiliki legalitas jelas dan tidak masuk dalam wilayah sengketa tentu akan memiliki harga yang cukup bagus jika dibandingkan tanah yang legalitasnya masih dipertanyakan. Tanah bersertifikatlah yang merajai kekuatan legalitas suatu tanah.

Itulah faktor penentu harga investasi versi Safira Grup, apabila ketiga faktor di atas dapat terpenuhi, tentunya akan membuat harga properti menjadi lebih tinggi dan stabil. Tahukah kamu, perumahan di Solo, yang dikembangkan oleh Safira Grup selalu mempertimbangkan faktor diatas, sebagai jaminan perumahan yang kami jual bernilai Investasi. Semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂

ARTIKEL LAINNYA

                   Pajak BPHTB : Tujuan, Cara Menghitung, dan Tips dalam Membayar
ADMIN
4 April 2023
                   5 Keuntungan Beli Rumah Indent
ADMIN
19 September 2023
                   Inilah 4 Keuntungan Membeli Rumah di Solo Raya!
ADMIN
22 March 2021
Info Lebih Lanjut, Klik

Dapatkan Penawaran Khusus dari Safira

Isi formulir berikut untuk mendapatkan penawaran khusus dari Safira Grup

 
Contact Form
Optimized with PageSpeed Ninja